Minggu, 08 November 2015

ANALISIS PENYALAHANGUNAAN NARKOBA


ANALISIS PENYALAHANGUNAAN NARKOBA

            Perilaku penyimpangan tumbuh di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja Indonesia yang sering mengunakan / memakai obat-obatan terlarang serta minuman berakohol. Hal itu bisa terjadi karena mungkin mereka kurangnya perhatian dari kedua orang tua mereka dan juga karena ajakan dari para pemakai atau teman-temannya. Pada awalnya orang-orang yang mengkonsumsi narkoba ketika masih sekolah. Contohnya saat SMP mereka mulai mencoba minum-minuman keras yang di tawari oleh teman-temannya. Mereka mulai dari dosisnya yang masih rendah. Lama kelamaan mereka mulai mencoba ke dosis yang lebih tinngi. Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

A.  Penyebab Penyalahgunaan Narkoba Biasanya orang yang mengkonsumsi narkoba bertujuan untuk menenangkan diri mereka dari masalah yang mereka hadapi. Bisa itu masalah keluarga, dan lain-lain. Masih banyak faktor yang menyebabkan remaja kini memakai narkoba.

            Antara lain :

1.      Ingin Terlihat Gaya Zat-zat jenis tertentu dapat membuat pemakainya menjadi lebih berani, keren, kreatif, percaya diri dan santai.
2.      Rasa Ingin tahu Banyak di kalangan remaja memakai zat-zat terlarang karena rasa ingin tahu mereka. Jika iman mereka tidaklah kuat mereka dengan sangat mudah terjerumus kedalam hal yang dilarang. Mencoba dan terus mencoba akan membuat mereka kecanduan.
3.      Ikut-ikutan Orang yang sudah menjadi korban mungkin akan berusaha mengajak orang yang belum pernah mengkonsumsi narkoba. Awalnya mereka akan membagi bagikannya dengan percuma alias gratis. Masih banyak lagi faktor-faktor penyalahgunaan narkoba.

B.  Cara mencegah Penyalahgunaan narkoba Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-programdiantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan. Di samping itu, orang tua juga harus memberi perhatian lebih. Hindarilah pertengkeran di depan anak. Bila perlu ajaklah anak untuk berdiskusi dan jalan-jalan bersama anak sehingga sang anak tak jenuh berada terus-terusan di rumah.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar